Micro Roastery JAK Koffie – Rilis media

Micro Roastery JAK Koffie – Rilis media

Coffee Roastery ala JAK Koffie

Coffee shop dan coffee roastery sama-sama menyajikan kopi. Proses pengolahan yang membedakan keduanya.

Mengusung nama JAK Koffie, Micha Rainer Pali dan Leo membangun usaha kedai kopi pada awal 2016. Usaha yang dirintis dua fotografer ini, kini tidak sekadar menjadi tempat menikmati kopi, tetapi telah merambah ke coffee roastery.

Para penikmat kopi mungkin tidak terlalu memedulikan perbedaan coffee shop dan coffee roastery. Sebagai tempat menikmati kopi, coffee shop menyajikan kopi dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan mancanegara. Para pemilik kedai kopi mendapatkan biji kopi siap oleh dari para suplier. Berbeda dengan coffee shop, coffee roastery tidak sekadar menyajikan kopi, tetapi terlibat lebih jauh dalam proses pengolahan biji kopi, mulai dari memanggang, waktu pemanggangan dengan teknik tersendiri hingga siap dinikmati para pelanggan.

Salah satu produk unggulan JAK Koffie menggunakan metode natural process. Dengan metode ini, Micha tidak membeli biji kopi dari petani dalam bentuk green been, melainkan cherry (buah). Hanya buah kopi yang sudah matang yang dipilih. Untuk menghasilkan green been terbaik, proses pengupasan kulit buah kopi dan kulit ari dilakukan secara bertahap. Bukan hanya itu saja, waktu menjemur pun dilakukan melalui beberapa tahapan sebelum siap untuk di-roasting (sangrai).

“Kami berusaha detail terhadap setiap proses, termasuk memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk menjemur biji kopi. Biji kopi tersebut tidak dijemur seharian. Ada waktu-waktu khusus agar green been bisa kering sempurna,” ujar Micha.

Micha menambahkan, salah satu keunggulan coffee roastery, pemilik kedai mengetahui secara pasti kualitas biji kopi sehingga kopi yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan selera. Para pengunjung yang datang dapat menikmati kopi yang memiliki aroma berkualitas karena dihasilkan dari biji kopi yang segar. Kopi yang disuguhkan JAK Koffie berasal dari biji kopi segar, bukan berasal dari stok lama karena proses pengolahan disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan merambah ke bisnis coffe roastery, JAK Koffie tidak hanya menyuguhkan kopi premium arabica Toraja untuk dinikmati di tempat, tetapi juga menyediakan kopi siap olah untuk dibawa pulang. Selain memenuhi kebutuhan personal akan kenikmatan kopi khas Toraja, kedai kopi yang berlokasi di jalan W.R. Monginsidi, Rantepao, Toraja Utara, juga menyuplai kebutuhan kedai kopi-kedai kopi di beberapa kota di Indonesia.

JAK Koffie

Rantepao, 2018

 

 

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *